Beranda > Seksi Katekese > Tritunggal dalam Kitab Suci

Tritunggal dalam Kitab Suci

TRITUNGGAL

Kej 1:1 Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.

Kej 1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

Kej 1:3 Berfirmanlah Allah: “Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi.

Kej 1:26 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”

===========

Firman Allah, Sang Putera

Mzm 33:4  Sebab Firman TUHAN itu benar, segala sesuatu dikerjakan-Nya dengan kesetiaan.

Yoh 14:6  Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Yoh 1:1  Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

Yoh 1:2  Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.

Yoh 1:3  Segala sesuatu dijadikan oleh Dia (Firman Allah) dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

Mzm 33:6  Oleh Firman TUHAN langit telah dijadikan, oleh nafas dari mulut-Nya segala tentaranya.

Ibr 11:3  Karena iman kita mengerti, bahwa alam semesta telah dijadikan oleh Firman Allah, sehingga apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat.

==============

Roh Allah, Sang Roh Kudus

Ayb 33:4  Roh Allah telah membuat aku, dan nafas Yang Mahakuasa membuat aku hidup.

Yoh 4:24  Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.”

Kis 28:25  Maka bubarlah pertemuan itu dengan tidak ada kesesuaian di antara mereka. Tetapi Paulus masih mengatakan perkataan yang satu ini: “Tepatlah firman yang disampaikan Roh Kudus kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi Yesaya: Kis 28:26  Pergilah kepada bangsa ini, dan katakanlah: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap. paralel dengan Yes 6:8-9)(

Yes 6:8  Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata: “Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?” Maka sahutku: “Ini aku, utuslah aku!”

Yes 6:9  Kemudian firman-Nya: “Pergilah, dan katakanlah kepada bangsa ini: Dengarlah sungguh-sungguh, tetapi mengerti: jangan! Lihatlah sungguh-sungguh, tetapi menanggap: jangan!

Ibr 10:15  Dan tentang hal itu Roh Kudus juga memberi kesaksian kepada kita, Ibr 10:16  sebab setelah Ia berfirman: “Inilah perjanjian yang akan Kuadakan dengan mereka sesudah waktu itu,” Ia berfirman pula: “Aku akan menaruh hukum-Ku di dalam hati mereka dan menuliskannya dalam akal budi mereka, (

Yer 31:33  Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah Firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.

TRITUNGGAL

Mat 28:19  Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama (kata yang digunakan di sini adalah Name/Onoma yang adalah bentuk tunggal bukan Names/Onomata) Bapa dan Putera dan Roh Kudus,

1Yoh 5:7  Sebab ada tiga yang memberi kesaksian [di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu….]*

* Ayat ini disebut Comma Johanninum. Ayat ini memberi bukti bahwa Allah Tritunggal itu Esa. Dalam Alkitab terbitan LAI yang tidak ada pengakuan dari KWI, ayat ini tidak mendapat tambahan kurung siku. Sedangkan dalam terbitan LBI dan LAI yang diakui oleh KWI, ayat ini mendapat tambahan kurung siku karena belum bisa dipastikan apakah ayat ini terbukukan atau tidak. Perlu diketahui bahwa Kitab Suci adalah Tradisi Suci yang dibukukan dan ayat ini adalah sebuah Tradisi Suci. Ayat ini tidak bisa diabaikan begitu saja mengingat pilar iman Katolik adalah tiga kesatuan yaitu Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Jika ditanya apakah ayat ini benar atau tidak, maka jawabannya BIG YES, ayat ini benar. Hanya saja Tradisi Suci ini tidak dapat dipastikan apakah terbukukan di semua manuskrip.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: