Beranda > Info > Sekilas tentang paroki kami, PAROKI MBPA

Sekilas tentang paroki kami, PAROKI MBPA

Sekilas tentang Paroki MBPA-Batam

Paroki kami terletak diwilayah bagian Batam Barat dengan jumlah keluarga kira2 1500 KK atau sama dengan populasi umat kurang lebih 7000 jiwa berdasarkan data umat tahun 2007. Paroki kami baru diresmikan Bulan Nopember 2003 oleh Bapa Uskup Keuskupan Pangkal Pinang.Kami mempunyai jumlah KBG (Komunitas Basis Gereja) yaitu 44 komunitas dan s/d. saat ini terus dalam pemekaran dan dibagi menjadi 4 wilayah teritorial yaitu Pusat, Tengah, Barat dan Selatan.
Kurang lebih 50% dari jumlah KBG yang ada sebagian besar menempati dan tinggal di “RULI” alias rumah liar.Hampir semua umat adalah pendatang yang merantau dari kampung dengan tujuan sama untuk mencari pekerjaan, mencari uang guna meningkatkan level kehidupan ekonomi mereka. Kami datang dari multi suku, adat istiadat (Flores, Batak, Jawa, sedikit Sulawesi, Kalimantan, putra-putri daerah Kepulauan Riau-Kepri keturunan Tionghoa) yang sebagian besar berprofesi sebagai karyawan swasta. Tingkat kehidupan ekonomi umat dilevel menengah kebawah dengan besaran ratio lebih besar ditingkat kebawahnya daripada menengah. Bahkan ada juga sebagian dibawah tingkat bawah. Saya agak kesulitan untuk menarasikanya. Untuk sementara ini kita menggunakan bangunan semi permanen seluas 12 X 25 meter diatas tanah liar atau bisa dikatakan “ilegal” sebagai Gedung Gereja. Dengan daya tampung umat kira2 600 orang yang sebagian besar memakai kursi plastik.Kondisi seperti ini membuat banyak umat mengikuti ekaristi dengan berdiri meskipun misa sudah diadakan 3 kali yaitu Sabtu Malam, Minggu Pagi dan Sore.


Ekaristi juga diadakan di 4 stasi 2 kali sebulan dan termasuk 3 pulau yang jauh dari Batam sebulan sekali yaitu Rempang/Galang, Nipah dan Teluk Paku . Kami hanya mempunyai 2 orang Pastor dan 2 orang frater yang melayani daerah teretorial yang luas dan beberapa wilayah hanya bisa dijangkau dengan “Pompong” semacam perahu kecil dengan mesin tempel kecil. Tapi mereka sebagai umat yang mempunyai wilayah tsb cukup berbahagia dan bersyukur sekaligus menikmati kondisi seperti ini karena Para Pastor kami sangat mencintai umatnya dalam keterbatasn masing-masing.Karena hampir semua umat berprofesi sebagai buruh dan atau karyawan, Misa Minggu Pagi dan Sore menjadi misa terfavorit untuk umat. Mungkin pilihan ini untuk menghidari warning letter dari perusahaan yang mewajibkan overtime pada hari Sabtu Sore atau Minggu Pagi yang sekaligus akan mendapatkan tambahan upah OT yang lumayan. Namun demikian umat yang berprofesi sebagai buruh/pekerja/ karyawan industri ini tidak mau meninggalkan waktunya sekali dalam seminggu bisa bersama umat yang lainya “Bersekutu dengan Tuhan Yesus Kristus didalam Ekaristi yang Kudus.”Untuk merespon terbatasnya daya tampung gereja dan antisipasi membludaknya umat tiap minggu, seksi RenBang DPP melakukan upaya ekspansi dengan sisa tanah yang tersedia melebarkan sayap kiri, kanan dan depan bangunan semi permanen tsb. dengan membuat shelter atap asbes, tiang kayu dan lantai semen plester. Trus kita atur kursi plastik yang dibeli dari pasar 2nd hand ex.Spore tentunya dengan harga yang jauh lebih murah dari beli baru ditoko. Meskipun demikian kursi2 tsb. berkualitas luar negri plus tahan banting. Yach… memang sih warnanya tidak satu warna alias belang- belang tapi bisa dipakai duduk dengan aman plus nyaman. Gak pa-pa tho kucing saja ada yang namanya si belang… ;-)

Lumayan juga bisa menambah daya tampung hingga kira-kira 500 orang. Cita-cita bersama untuk membangun gedung gereja permanen dan penggalangan dana usaha umat KBGSaat ini kita sudah mempunyai tanah dari Otorita Batam sebesar 8.400m2. Penggalangan dana untuk pembangunan gereja permanen sudah kami lakukan melalui Persembahan Kotak 1000 (PK1000).

Master Plan dan Gambar Gereja sudah dibuat dan saat ini masih dalam proses revisi dan diajukan approval kepada Bapa Uskup Keuskupan Pangkal Pinang.Apa itu PK1000? Kami panitia pembangunan membuat kotak dari karton berukuran kubus 18cm sejumlah 1000 kotak seperti kotak APP yang diberikan ke tiap keluarga melalui Ketua dan Kolektor Komunitas. Setiap keluarga akan mengisi dana berupa doa dan atau derma dengan semangat persembahan janda miskin yang memberikan dengan segala kekuranganya.Pada awal sosialisasi panitia mengutarakan bahwa kotak ini adalah kotak persembahan jadi spritualitasnya sangat berbeda dengan kotak sumbangan atau iuran. Spirit janda miskin yang mempersembahkan hartanya dengan segala kekurangan itulah yang kita anut. Kami percaya bahwa kekuatan semangat yang dipunyai dari lebih banyak janda miskin diparoki kami itulah yang akan menghasilkan dana yang cukup signifikan. Sekali lagi kotak ini bukan kotak sumbangan, amal atau iuran tapi kotak persembahan. Misalkan: Bila satu keluarga beranggotakan suami, istri dan dua orang anak dan masing-masing anggota keluarga memasukan persembahanya ke kotak persembahan:* Bapaknya yang biasa merokok 20 batang sehari dengan harga 10rb. Yah… merokoklah 16 batang saja yang empat batang bila diuangkan dan dimasukan ke PK1000 berjumlah no-ceng.* Ibunya yang biasanya memakai uang belanja dipasar 20rb yah… se-cengnya dimasukinlah. .. ke PK1000* Anak2 yang biasa uang jajanya ceng-go yah… masukinlah go-peknya ke PK1000Jadi kira2 keluarga tsb sudah dan akan memasukan jumlah uang persembahanya kira2 Rp.3500/hari/ kotak dan satu bulan 30 hari kira-2 105rb/bulan/ kotak. Kalau jumlah kotak separoki 1000 kotak berarti Rp.3.500,00 X 30 = Rp.105.000,00 X 1000 kotak separoki = Rp.1.050.000. 000,00 Saat ini kita memproyeksikan pembangunan gereja ini selama 3 tahun dari total buged anggarang +- Rp.5MJadi jumlah buged dana yang akan terkumpul 3 tahun kedepan adalah Rp.Rp.1.050. 000.000,00 X 3 tahun = Rp.3.150.000. 000,00Suatu kekuatan penggalangan dana umat yang cukup signifikan bukan..?
Dalam perjalan nanti tidak menutup kemungkinan menambah jumlah kotak yang disesuaikan dengan jumlah KK yang ada di komunitas-komunitas .Untuk mencapai jumlah dana tsb, sudah barang tentu secara tehnis tidak semudah sperti simulasi diatas. Tapi pada kenyataanya kami sudah membuktikan dengan baik yaitu dengan melibatkan ketua dan kolektor-kolektor di komunitas masing-masing aturan main yang baku yaitu pengumpulan dan penyetoran tanggal tertentu yang telah disepakai bersama. Hasilnya baik dana ataupun administrasi pendukung seperti kwitasnsi, rekap de el el pengelolaanya akuntabel dan akan diaudit oleh DPP Inti sebagai Dewan Penasehat PPG.S/d saat ini PK1000 sudah berjalan 10 bulan dan dana yang terkumpul mendekati Rp.600juta. Memang sih dana yang terkumpul tidak sesuai dengan simulasi yang kita sosialisasikan. Tapi dana yang terkumpul dari umat yang sederhana dan sebagian berprofesi sebagai buruh/pekerja/ karyawan seperti yang tsb diatas merupakan hasil jerih payah dan komitmen yang baik. Dana tsb. tidaklah mudah dikumpulkan apabila tidak adanya komitmen yang baik dari umat, pengurus komunitas, kolektor dan panitia selaku pengelola PK1000. Kami yakin dan percaya bahwa dana yang terkumpul merupakan kekuatan modal spirit umat yang baik untuk menggapai cita- cita bersama membangun Rumah Tuhan tempat Bait Suci Allah dan tempat Maria Bunda Pembantu Abadi bersemayam dan tempat semua umat menimba aliran rahmat surgawi. Trus bagaimana dengan umat komunitas basis yang tidak mampu memasukan persembahan uang ke PK1000? Sekali lagi, kotak ini adalah kotak persembahan. Wujud persembahan dari keluarga bisa bermacam-macam.

Kalau tidak bisa berupa uang yach… memasukan ujud doa seperti yang dilakukan oleh Legioner dengan bunga2 rohaninya. Intensi doa hanya khusus untuk pembangunan gereja yang dengan tekun dan sungguh-sungguh didoakan bersama anggota keluarga masing2. Intensi doa keluarga tsb akan dikumpulkan, dipersembahkan, dibakar dan dilebur di Misa Devosi Novena Maria Bunda Pembantu Abadi yang diadakan tiap Hari Kamis 1 (Pertama) di Gereja MBPA.
Nah kesimpulanya: PK1000 yang penting bukan “JUMLAH Rp-nya” tapi lebih diarahkan tentang bagaimana cara atau semangat umat mempersembahkan dermanya yang terbaik demi pembagunan Rumah Tuhan.” SMS DERMA – FLEXI Untuk mendukung penggalangan dana tsb disamping melalui PK1000 kita juga melakukanya dengan cara mengirimkan “SMS Derma.” Apa itu SMS Derma? Panitia Pembangunan Gereja bekerjasama dengan TELKOM sebagai provider mengadakan SMS Derma yang bertujuan untuk menggalang dana yang tidak terbatas hanya lokal Paroki MBPA – Batam saja tapi bisa menjangkau ke seluruh kawasan nusantara dengan fasilitas Telpon CDMA yaitu FLEXI. Si Penderma tinggal ketik DERMAMBPA kirim ke 7071 berarti pulsa akan dipotong Rp.5.500,00. Dana tsb. akan masuk ke rek. Panitia PPG MBPA-Batam dengan rincian sbb: Rp.5000 masuk ke rekening panitia pembangunan gereja dan Rp.500 untuk PPN.ATAUKetik DERMAMBPA1 kirim ke 7071 berarti pulsa akan dipotong Rp.2.200,00. Dana tsb. akan masuk ke rek. Panitia PPG MBPA-Batam dengan rincian sbb: Rp.5000 masuk ke rekening panitia pembangunan gereja dan Rp.500 untuk PPN.Sebagai penderma Bapak/Ibu/Saudara/ Saudari akan menerima respon ucapan terima kasih sebagai tanda bahwa derma berupa pulsa SMS sudah teregistrasi ke TELKOM dan akan diteruskan ke rek Panitia Pembangunan Gereja Paroki MBPA – Batam setiap bulanya.Untuk itu kami dengan segala kerendahan hati memohon partisipasi atau bantuanya untuk mengirimkan SMS DERMA dengan HP Flexi. Kami sangat menghargai dan berterimakasih sekali bila SMS DERMA ini akan Bapak/Ibu/Saudara/ Saudari kirimkan secara rutin. Katakanlah seminggu sekali atau du minggu sekali atau sebulan sekali atau tiap hari.Namun demikian apabila Bapak/ Ibu/Saudara/ Saudari memberika n bantuanya tidak berupa SMS DERMA dan berkenan mentransfer dana, dengan senang hati kami akan menerimanya juga. Silahkan mengirimkan dananya ke rekening giro PPG seperti dibawah ini. Mohon memberikan info pengiriman ke sekretariat bisa berupa SMS komplit dengan alamat “PENDERMA” ke sekretariat PPG Paroki MBPA – Btam untuk persiapan kami membuat surat tanda terima sekaligus ucapan terima kasih kami yang akan kami kirimkan melalui surat ke “PENDERMA.”
Alamat sekretariat PPG (Panitia Pembangunan Gereja) Paroki Maria Bunda Pembantu Abadi(MBPA) – Batam sbb:
  • Hotmida Situmorang Telp. 0778-5176307 atau 081372087863 D/a. Gereja Paroki Maria Bunda Pembantu AbadiJL. R. Suprapto No.1 RT/RW. 02/04 Tembesi LestariBatam 29432, Telp. 0778-7026572Rek. Bank MandiriA/n. Panitia Pembangunan Gereja Katolik MBPA A/c.#109 000 758 2703
  • Koordinator Umum – Pastor Kepala ParokiRD. Lucius Poya Homatan Telp. 085668490469 atau 0778-5176309
  • Koordinator Dewan Penasehat – Pastor Paroki RD. Stanislaus Bani Telp. 081372383708 atau 0778-5176308
  • Ketua PanitiaJulius Joni Telp. 08127033370 atau 0778-7203370

Sumber berita di kutip dari : Tembesi.blogspot.com

Kategori:Info
  1. Mei 14, 2012 pukul 3:17 pm

    Salam Sejahtera komunitas Beatopiocampidelli. Saya mengajak anda semua untuk bergabung dengan Credit Union yang ada di Paroki Tercinta kita ini. Mari kembangkan sayap pemberdayaan sosial ekonomi tingkat keluarga dan paroki kita

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: